Berita Musik di Dunia Saat Ini – Ztodorovich

Ztodorovich.com Situs Kumpulan Berita Musik di Dunia Saat Ini

Pesan Berkode Dalam Lagu Hit

Pesan Berkode Dalam Lagu Hit – Ketika penyanyi dan penulis lagu pemenang banyak penghargaan berusia 19 tahun, Billie Eilish, mengumumkan perilisan album keduanya yang akan datang, banyak penggemar di media sosial bersemangat tentang kemungkinan pesan tersembunyi yang menghubungkan berbagai judul rekamannya: My Future (is) Everything I Wanted; (Therefore I Am) Happier Than Ever. Ini mungkin pengacakan selektif dari Eilish, tetapi gagasan tentang “catatan rahasia” untuk pendengar yang mengungkapkan kebahagiaannya juga persuasif, terutama karena materinya telah membahas kesehatan mental dan kerentanan pribadi. Musik pop bersifat universal dan sangat subliminal; sebuah lagu yang menarik menarik perhatian kita, tetapi elemen kode (secara lirik dan visual) yang benar-benar berhubungan dengan kita dan yang paling kuat, mereka secara positif transformatif.

Musisi dan penulis AS Ted Gioia berpendapat dalam bukunya yang luar biasa Music: A Subversive History (2019): “Pada setiap tahap dalam sejarah manusia, musik telah menjadi katalisator untuk perubahan, menantang konvensi, dan menyampaikan pesan bersandi atau, tidak jarang, menyampaikan secara blak-blakan, yang tidak ambigu. Ini telah memberikan suara kepada individu dan kelompok yang menolak akses ke platform lain untuk berekspresi. ” Musik pop sering kali dianggap “ringan” karena penontonnya yang masih muda, kesederhanaannya yang sederhana, dan status mainstream, tetapi elemen-elemen itu justru menyembunyikan kekuatannya. Lagu pop tidak berasal dari tema kesejahteraan mental, kesetaraan, kebebasan, aktivisme tetapi mereka menyebarkannya ke platform seluas mungkin.

Di era digital, mega bintang musik dapat membuat pengikut merasa seperti orang kepercayaan, dengan orang-orang seperti Taylor Swift memberikan petunjuk tentang rilis baru atau subteks lagu. Posting sosial mungkin bukan pengalaman ikatan formatif bagi generasi penggemar pop yang lebih tua, tetapi setidaknya kita bisa membaca yang tersirat dari beragam majalah musik termasuk Smash Hits pop Inggris dua minggu sekali, yang berlangsung dari 1978 hingga 2006. Mantan editor fiturnya, Alex Kadis, mengatakan, “Tumbuh dewasa, mendengarkan musik pop membantu saya menciptakan dunia kedua yang bisa saya muat. Di Smash Hits, tulisan harus tajam dan cukup lucu untuk disimpan pembaca yang lebih tua terlibat, tetapi juga harus cukup emosional dan langsung untuk orang yang lebih muda. “

Seperti lirik lagu, dalam musik pop ini beroperasi pada lebih dari satu tingkat sekaligus meskipun pesan yang mendasarinya adalah rasa persahabatan; pop pada dasarnya adalah kekuatan pemersatu. Kadis menegaskan bahwa bahkan lirik dan pose yang paling berbusa pun dapat membangkitkan kekuatan kode termasuk boy band awal tahun 90-an, New Kids on the Block.

“NKOTB membawa semacam ekspansifitas yang tidak pernah kami miliki dalam musik pop Inggris untuk sementara waktu,” kata Kadis, yang sekarang menjadi manajer musik dan konsultan industri. “Musik mereka sangat diformulasikan, berulang-ulang, seperti mantra. Mereka memiliki kesombongan, dan ketika Anda melihat mereka tampil, Anda menyerap sesuatu dari itu; idenya adalah: ‘Anda bisa menjadi bagian dari geng ini’. Saya melihatnya lagi, bertahun-tahun kemudian, mengerjakan pemasaran awal untuk One Direction. Sekarang, BTS juga mewujudkan begitu banyak mentalitas geng itu, dan hubungan dengan penggemar mereka begitu kuat. Banyak musik pop sangat penting karena mengundang Anda untuk menjadi bagian dari sebuah gerakan, apa pun itu. Ini seperti jaringan pendukung.”

Generasi musisi telah menggunakan sindiran dan lirik yang ambigu untuk efek subversif. Tahun 1990-an menghasilkan lagu-lagu pop rave yang bermain-main dengan perusahaan yang ingin menekan budaya klub dan referensi obat-obatan.

Tomothy Fowler

Back to top